Cerita Unik Seorang Mualaf saat Pertama Kali Buka Puasa Bersama

Oleh Admin - Syiar.com
22 Maret 2024 07:28 WIB
Hamzah. (Foto: Tangkapan layar YouTube Islam Bersatulah)

SYIAR.COM - Banyak pengalaman menarik yang dirasakan seorang mualaf saat pertama kali berbuka puasa bersama di bulan Ramadan.

Salah satunya diceritakan mualaf bernama Hamza.  Berasal dari lingkungan penuh persaingan, Hamza mengira orang-orang di sekitarnya akan berebut makanan dengan cepat saat berbuka.

Namun, yang terjadi malah sebaliknya. Mereka saling berbagi tanpa berebut seperti yang dia pikirkan sebelumnya.

“Puasa adalah pengalaman yang aneh. Dilihat dari tempatku berasal, mereka yang kuat, orang-orang penting mendapat bagian yang lebih kemudian anak buahnya baru sisanya untuk yang lain,” ungkap Hamzah yang dikutip dari YouTube Islam Bersatulah melalui wawancara dengan Towards Eternity, Jumat, 22 Maret 2024.

Hamza mengaku terkejut melihat orang-orang dengan tenang saling berbagi makanan dan minuman untuk berbuka puasa tanpa bersaing.

"Aku duduk dengan mentalitas ini, harus cepat karena semua akan berebut saat buka puasa aku berpikir harus cepat,” kata Hamzah.

Namun saat azan berkumandang, Hamza melihat orang-orang tidak berebut, melainkan saling berbagi dengan damai.

“Lalu hal paling aneh lain yang terjadi padaku adalah ketika azan tiba, beda dengan apa yang aku perkirakan di mana orang-orang akan berebut,” ujarnya.

Pengalaman ini membuat Hamza merenung tentang nilai-nilai solidaritas dan kebaikan yang dia temui dalam berpuasa di bulan Ramadan.

“Yang kulihat orang begini (membagikan makanan) aku berpikir dunia macam mana ini? Paham kan? Apa yang terjadi? Alih-alih makan sendiri, mereka memberi makan yang lain,” tandasnya.

Bagikan:

Data

Place your ads here

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//