5 Amalan Terbaik Menyambut Malam Lailatul Qadar

Oleh Admin - Syiar.com
27 Maret 2024 03:41 WIB
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

SYIAR.COM - Malam lailatul qadar menjadi momen yang dinantikan oleh umat Islam. Selain lebih baik daripada seribu bulan, lailatul qadar juga penuh berkah dan ampunan.

Saking istimewanya, umat Islam pun dianjurkan untuk mengerjakan beragam amalan ibadah, terutama pada 10 malam terakhir Ramadan.

Mengutip fakta.com, berikut ini adalah 5 amalan lailatul qadar yang bisa dilakukan:

1. Membaca Al-Qur'an

Amalan malam lailatul qadar yang pertama adalah membaca Al-Qur'ann. Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk mengaji. Selain menjadi bulan turunnya Al-Qur'an, pahala membacanya pun juga bisa berlipat-lipat.

2. Instropeksi Diri

Pada 10 malam terakhir Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk instropeksi diri alias muhasabah. Instropeksi bisa dilakukan dengan memperbanyak zikir dan istigfar.

3. Berdoa

Amalan malam lailatul qadar yang ketiga adalah berdoa. Menurut QS Al-Qadr ayat 4, kala itu banyak malaikat turun ke bumi. Menurut

Imam Ibnu Katsir, kehadiran malaikat-malaikat menandakan berkah dan rahmat dari-Nya turun. Untuk itulah, umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa pada sepuluh malam terakhir Ramadan.

Salah satu doa yang bisa diamalkan adalah sebagai berikut, sesuai yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni.

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memaafkan dan suka memberi maaf. Karenanya, maafkanlah aku, hapuskanlah dosaku. (HR Tirmidzi dan Ibu Majah)

4. Itikaf

Itikaf merupakan berdiam diri di masjid untuk beribadah. Ini merupakan salah satu cara untuk meraih lailatul qadar.

5. Salat Malam

Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk mendirikan salat malam.

"Siapa yang mengerjakan salat pada malam lailatul qodar dengan penuh keimanan dan mengharapkan ridha Allah, maka dosa-dosanya yang terdahulu diampuni". (HR Bukhari, Muslim, Nasa'i, Tirmidzi dan Ahmad, dari Abu Hurairah RA).

Bagikan:

Data

Place your ads here

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//