Yuk, Cek Amalan-amalan Sunah di Bulan Ramadan

Oleh Admin - Syiar.com
21 Maret 2024 12:16 WIB
Ilustrasi.

SYIAR.COM - Ramadan adalah bulan yang dinanti umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini, berkah dan pahala dilipatgandakan.

Amalan yang bisa dilakukan di bulan Ramadan tak hanya berpuasa. Berikut amalan ibadah lain yang bisa dilakukan di bulan penuh berkah ini:

Perbanyak Iktikaf

Amalan di bulan Ramadan yang dianjurkan pertama adalah memperbanyak iktikaf. Berdiam diri di Masjid selama berpuasa dengan memperbanyak doa, ibadah lainnya, tak hanya membantu memperteguh keimanan tapi juga menjauhkan kita dari perbuatan yang tidak disukai Allah SWT.

Salat Tarawih

Ibadah salat tarawih berjemaah adalah ibadah sunnah yang bisa menambah pahala kita di bulan Ramadan. Maka, jangan malas untuk menunaikan Salat Tarawih sehabis berbuka puasa ya!

Hidupkan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar biasanya berada di 10 malam terakhir di Bulan Ramadan, terutama malam-malam ganjil. Pada malam tersebut, pahala yang didapat akan lebih besar dibandingkan malam-malam lainnya di Bulan Ramadan.

Membaca Al-Qur’an

Kita juga dianjurkan untuk menunaikan tadarus Al-Qur’an selama bulan Ramadan. Dengan mengaji selama Bulan Ramadan, kita tidak hanya mendapatkan berkah tapi juga Insya Allah dapat meningkatkan ketakwaan dan iman untuk menjalani ibadah Puasa Ramadan.

Perbanyak Sedekah

Sedekah bisa dilakukan kapan saja, tak hanya bulan Ramadan. Tapi karena bulan Ramadan berkahnya berlipat ganda, yuk tunaikan amalan bersedekah dan zakat di bulan Ramadan ini!

Umrah bagi yang Mampu

Ibadah Umrah adalah salah satu anjuran Rasullulah SAW bagi yang mampu baik dari segi materi dan moril. Sangat baik menunaikan ibadah Umrah di Bulan Suci Ramadan.

Perbanyak Istigfar

Amalan ibadah puasa selanjutnya adalah memohon ampunan kepada Allah SWT dengan tulus. Pada bulan Ramadan, Allah SWT memberikan pengampunan bagidosa-dosa hambanya.

Bertaubat

Meneruskan amalan istigfar, pintu pengampunan selama bulan Ramadan senantiasa terbuka lebar. Itu sebabnya banyak orang yang bertaubat dan kembali ke fitrah di Bulan Ramadan.

Berdakwah

Berdakwah di Bulan Ramadan memiliki pahala yang besar. Siapa pun yang menunjukkan kebaikan, baginya pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya.

Berdakwah di sini bukan berarti harus berbicara di masjid, tapi bisa dalam kegiatan sehari-hari dengan memberikan nasihat kepada teman, mengingatkan waktu salat, juga memberikan contoh-contoh dan teladan untuk melakukan kebaikan.

Bagikan:

Data

Place your ads here

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//