6 Golongan Ini Boleh tidak Berpuasa Ramadan, Siapa Saja?

Oleh Admin - Syiar.com
21 Maret 2024 08:56 WIB
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

SYIAR.COM - Puasa di bulan Ramadan wajib hukumnya bagi umat Islam. Tapi ada loh beberapa golongan yang masuk kategori tidak wajib puasa. Siapakah mereka?

1. Musafir

Musafir adalah orang yang melakukan perjalanan sejauh jarak (yang dianggap) safar. Jarak safar menurut mazhab yang paling kuat adalah jarak yang dianggap oleh adat atau masyarakat setempat sebagai safar atau bepergian. (Majmu’ Fatawa, 34/40—50, 19/243)

2. Orang Sakit

Salah satu syarat sah puasa adalah sehat dan mampu. Kalau kamu lagi sakit jangan dipaksain. Apalagi kalau sakitnya parah dan mengharuskan kamu minum obat tepat waktu. Kamu bisa mengganti puasa di hari lain setelah bulan Ramadhan kok

3. Wanita Haid atau Nifas

Wanita haid tidak boleh atau haram berpuasa. Wanita yang tidak puasa karena haid atau nifas memiliki kewajiban mengganti puasanya di hari lain setelah bulan Ramadan

4. Lansia yang sudah tidak mampu berpuasa

Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma mengatakan bahwa yang dimaksud adalah orang yang sudah tua yang tidak sanggup lagi berpuasa. Sebagai gantinya,dia memberi makan setiap harinya satu orang miskin setengah sha’ (kurang lebih 1,5 kg) hinthah (gandum). (HR ad-Daraquthni dalam Sunan-nya, 2/207 dan dinilai sahih olehnya)

5. Ibu Hamil dan Menyusui

Perempuan yang sedang hamil atau yang harus menyusui boleh meninggalkan puasa. Tapi, mereka harus menggantinya dengan membayar fidyah 1 mud (kurang lebih sama dengan 0,6 kg) setara dengan ukuran dan harga makanan yang ia makan sehari-hari. (dikutip dari buku Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah (2018:15)

6. Anak kecil dan Orang Gila

Anak kecil yang belum baligh (dewasa) tidak diwajibkan berpuasa. Namun, ada baiknya sedari kecil para orang tua sudah mulai mengajarkan anak-anaknya berpuasa. orang gila tidak punya akal sehingga boleh tak puasa.

Bagikan:

Data

Place your ads here

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//