Istimewanya Abu Bakar bagi Rasulullah SAW

Oleh Admin - Syiar.com
21 Maret 2024 07:40 WIB
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

SYIAR.COM - Abu Bakar Ash Shiddiq merupakan sahabat yang paling dicintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di antara para sahabat lainnya, Abu Bakar memiliki berbagai keistimewaan.

Ustaz Abi Makki mengatakan salah satu kemuliaan Abu Bakar yakni beberapa anggota keluarganya juga menjadi sahabat Nabi Muhammad. Mulai dari ayah Abu Bakar, anaknya, hingga cucunya menjadi sahabat Nabi.

"Tidak ada di antara sahabat lainnya yang memiliki keistimewaan ini. Sehingga menjadikan Abu Bakar menjadi sahabat yang luar biasa," kata Abi Makki, saat kajian di Rumah Ilmu Al Hilya, Cinere, Depok.

Menurut Abi Makki, Rasulullah memiliki banyak sahabat, namun ada tingkatannya. Nama Abu Bakar sendiri masuk ke dalam 10 sahabat yang dijanjikan masuk surga ketika masih hidup.

Abi Makki menceritakan riwayat saat wafatnya Abu Thalib, yakni paman Rasulullah.

Abu Thalib merupakan paman yang telah merawat Rasulullah sejak kecil. Bahkan dia mengalami saat Nabi Muhammad mendapat wahtu menjadi Rasul. Namun dia meninggal dalam keadaan kafir.

Diriwayatkan Abu Bakar melihat Rasulullah menangis hingga tersedu-sedu melihat pamannya wafat dalam keadaan kafir, karena begitu sedihnya. Hal itu sangat tertanam dalam pikiran Abu Bakar.

"Bahkan saat teringat kisah itu, Abu Bakar selalu menangis karena merasakan kesedihan Rasulullah," ucapnya.

Bagikan:

Data

Place your ads here

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//