Cara Mendidik Anak ala Nabi Ibrahim dan Siti Hajar

Oleh Admin - Syiar.com
25 April 2024 07:33 WIB
Ilustrasi anak Salat (Foto: Pixabay)

SYIAR.COM - Siapa yang tidak ingin memiliki anak dengan sifat mulia, saleh serta patuh terhadap orang tua dan agama?

Nabi Ismail adalah contoh sempurna dari seorang anak yang memiliki semua sifat tersebut. Kisahnya, yang dicatat dalam Al-Qur'an, menawarkan inspirasi tak terhingga bagi banyak orang.

Nabi Ismail dikenal akan kepatuhannya yang luar biasa, tidak hanya kepada Nabi Ibrahim dan Siti Hajar orang tuanya, tapi juga perintah Allah SWT.

Ketaatan dan kepatuhannya ini bukan hanya cerita masa lalu, tapi menjadi pedoman hidup yang abadi bagi banyak orang di seluruh dunia.

Untuk dapat mendidik anak seperti Nabi Ismail, kita perlu mengambil pelajaran dari cara Nabi Ibrahim dan Siti Hajar dalam mendidik anak.

Meski terpisah oleh jarak yang jauh, mereka berhasil memberikan pendidikan yang membuat Ismail tumbuh menjadi pribadi yang saleh dan berbudi luhur.

Rahasia pendidikan mereka terletak pada keteguhan hati dan kepatuhan yang mendalam terhadap nilai-nilai keagamaan, yang mereka tanamkan dalam diri Ismail sejak dini.

Mereka mengajarkan pentingnya kepatuhan kepada Allah SWT dan menghargai pentingnya salat, yang menjadi pondasi kuat dalam kehidupan Ismail.

Lebih lanjut, Al-Qur'an memuji Nabi Ismail dengan delapan karakter mulia: kebaikannya, kesantunannya, kesabarannya, kejujurannya dalam menepati janji, ketekunannya dalam memelihara salat, perintahnya kepada keluarga untuk menjaga salat, seruannya untuk beribadah, dan usahanya dalam berdakwah.

Ini menunjukkan betapa pentingnya nilai-nilai ini dalam mendidik anak. Melalui teladan Nabi Ismail, kita diajak untuk mendidik anak-anak dengan cinta, kesabaran, dan ketekunan dalam nilai-nilai keagamaan.

Tak hanya tentang mendidik anak menjadi pribadi yang saleh, tapi juga tentang membentuk mereka menjadi individu yang memiliki dampak positif terhadap lingkungannya.

Ustaz Irwan Rinaldi mengatakan salah satu yang bisa ditiru dari Siti Hajar yakni bagaimana dia selalu menceritakan kehebatan suaminya di depan anaknya. Kemudian pasangan ini juga menjaga kepercayaan.

"Jadi kalau ayah sedang berangkat kerja, ibunya bisa bercerita tentang kehabatan sang ayah seperti Siti Hajar," kata Ayah Irwan saat Talkshow Aku Mau Ayah di Musala Executive Al Lathiif, Pesona Square Depok.

Nabi Ismail sendiri memiliki keistimewaan. Bahkan dalam Al-Qur'an , nama Ibrahim disebutkan dalam 56 ayat. Bahkan ada satu surat yang dinamakan dengan Ibrahim.

Bagikan:

Data

Place your ads here

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//