Pentingnya Meneladani Akhlak Rasulullah dalam Kehidupan

Oleh Admin - Syiar.com
25 April 2024 08:00 WIB
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

SYIAR.COM - Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah makhluk paling mulia yang diciptakan oleh Allah SWT. Di antara semua nabi dan rasul, Nabi Muhammad memiliki akhlak paling sempurna, seperti dalam firman Allah SWT:

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Artinya: Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. (QS Al Qalam ayat 4).

Ustaz Abi Makki mengatakan akhlak mulia yang dimiliki Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini patut ditiru oleh umat muslim. Akhlak yang baik tidak hanya kepada orang tua, tetapi juga teman, kerabat, tetangga, dan lainnya.

"Terkadang kita harus punya akhlak kepada orang tua, teman, saudara, atasan, semua harus pakai akhlak," kata Abi Makki, saat kajian di Rumah Ilmu Al Hilya, Cinere, Depok.

Salah satu akhlak mulia Rasulullah yang patut ditiru yakni memaafkan. Menurutnya memaafkan orang lain yang memiliki kesalahan adalah setinggi-tingginya derajat yang umat muslim miliki.

Seperti diketahui, diriwayatkan pada saat itu banyak yang membenci Rasulullah, bahkan sampai ada yang ingin membunuhnya. Namun Rasulullah selalu membuka pintu maaf bagi orang-orang yang telah berbuat zalim padanya.

Akhlak lainnya yang perlu ditiru yakni bisa menahan emosi atau amarahnya. Seperti dari Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Menurut kalian, siapa yang kalian anggap paling kuat?" para sahabat menjawab, " orang yang tidak terkalahkan dalam adu gulat." Beliau bersabda: "Bukan itu, orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan dirinya saat marah."

Bagikan:

Data

Place your ads here

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//